Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo No.127, Kebomas, Randuagung, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61121

Pelem Watu

Pelem Watu

Desa pelemwatu yang berada di barat surabaya mempunyai luas 200 hektar dan penduduk kurang lebih 6000 jiwa. Penduduknya mayoritas kerja swasta dan tani. Lahan desa dan ada telaga dimanfaatkan untuk destinasi wisata untuk menambah wawasan juga menambah peningkatan perekonomian dengan menciptakan lapangan kerja baru di tempat Desa wisata. Desa Wisata kami terdiri dari wisata desa yang baru diresmikan pada tanggal 31 Maret 2022 oleh Wakil Bupati Gresik ibu H. Aminatul Habibah. Sekarang wisata sudah dikunjungi wisatawan rata2 100 orang di hari biasa dan 500an di hari sabtu dan minggu. Desa kami juga ada wisata UKM pembuatan mesin rumah tangga, pertanian, bangunan sebanyak 40 UKM tersebar di wilayah Pelemwatu. Juga ada UKM pengrajin rotan yang sampai tembus ekspor ke India. Di Tempat kami juga ada Pengelolaan Air Bersih tiap lingkungan RW (rukun warga) yang pendapatan Kas Air Bersih bisa tembus 200 juta. ada lagi wisata religi Mbah Sayyid Abdulloh yang selalu ramai dikunjungi. Telaga Kembar yang dikenal dengan Twin Lake adalah danau buatan peninggalan nenek moyang warga Desa Wisata Kemangi. Dinamakan Telaga Kembar karena letak nya yang saling berdampingan dan bersebelahan satu sama lain. Telaga yang disebelah Utara adalah Telaga Pomben warga setempat menyebutnya. Dahulu telaga ini diperuntukkan khusus untuk kebutuhan Air Bersih/Air baku bagi warga desa wisata Kemangi apalagi pada saat musim kemarau tiba, di tengah-tengah telaga ini terdapat dua pulau yang sangat cantik karena di penuhi dengan pohon-pohon tua juga banyak dihuni berbagai macam burung berkicau. Telaga di sebelah Selatan adalah Telaga padusan, sesuai namanya Padusan berasal dari bahasa jawa kuno yang artinya adalah tempat mandi para pangeran dan putri raja. Telaga ini diperuntukkan Khusus untuk tempat mandi warga desa wisata Kemangi.

Telaga Kembar tersebut tetap dilestarikan dengan cara merubah fungsi yang dulu untuk minum dan mandi dengan destinasi wisata desa yang nantinya hasil pendapatan destinasi tersebut untuk kesejahteraan warga desa.

STATUS: AKTIF BEROPERASI (klik MAP)

Atraksi:

Edu Outbound, Flying Fox, Kolam Renang, Sepeda Air, Spot Foto, Playground, Pemancingan.

Amenitas:

- Akomodasi: -

- Fasilitas: Gazebo, Area Parkir, Toilet, UMKM Desa.

- Kuliner: RM. Padang Palapa, PM. Padang Ampera Bareno, Dapur B-ZA, LYNNEX TIMBER, Dapur DK, Dapur Olin, Dkriuk Fried Chicken, Pizza Hut.

Aksesibilitas:

- Transportasi: Kendaraan Pribadi

- Terminal Type C Bunder, Stasiun Indro, Pelabuhan Umum Gresik.

- Waktu Tempuh dari Alun-alun Gresik: 38 menit (18km) ke arah utara.

- Kondisi Jalan: Bisa dilalui kendaraan roda 2 dan roda 4

- Sarana Telekomunikasi: Website: https://desapelemwatu.gresikkab.go.id/

Ancillary/Kelembagaan:

Dikelola oleh Pemerintah Desa melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

Pokdarwis Alam Asri Palemwatu (Desa Pelemwatu, Kecamatan Menganti) SK Kepala Dinas No. 556/771/437.59/2022 Tanggal 25 April 2022

Data kunjungan wisata online  https://dakuwison.gresikkab.go.id/rekapitulasi/semua-objek-wisata/tahunan

Desa Pelem Watu ditetapkan sebagai Desa Wisata berdasarkan SK (Surat Keputusan) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Gresik nomor 556/324/HK/437.59/2023. Potensi wisatanya terdiri atas wisata telaga, agrowisata, wisata religi mbah Sayyid Abdulloh, UMKM, kerajinan rotan, wisata kuliner, wisata edukasi, homestay.


Related Posts

Read More

Udeng


Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan di publikasikan. Inputan yang wajib di isi ditandai *