Bus Wisata Bandar Grissee merupakan bus wisata yang saat ini melayani rute khusus di Kawasan Wisata Heritage Bandar Grissee di jalan utama desa dan kelurahan Kecamatan Gresik. Bus ini melayani 3 (tiga) trip setiap hari Sabtu dan Minggu. Mulai pukul 15.00 – 21.00 WIB. Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu . Rute yang dilewati yaitu:
- Jalan Pahlawan (GNI) Desa Gapurosukolilo
- Alun-alun Gresik (Kelurahan Pekauman)
- Jalan Raden Santri (Kelurahan Bedilan)
- Jalan Basuki Rahmat (Kelurahan Kebungson)
- Jalan AKS Tubun (Kelurahan Bedilan)
- Jalan KH Zubair (Desa Pulopancikan)
- Jalan KH Agus Salim (Desa Gapurosukolilo
- Jalan Pahlawan (GNI) (Desa Gapurosukolilo)
Bus Wisata Bandar Grissee merupakan bus tingkat memiliki 40 seat antara lain 18 seat lantai 1 dan 22 seat lantai 2. Untuk tarif wisatawan umum Rp. 5.000 dan pelajar Rp. 3.000. Wisatawan yang mendaftar dapat melalui google form dengan link yang sudah tersedia di Website Dinas Parekrafbudpora Kabupaten Gresik. Pembayaran Bus Wisata Bandar Grisse hanya melalui Qris.
Alur Wisatawan Bus Wisata Bandar Grissee
- Wisatawan datang (GNI)
- Parkir
- Persiapan masuk (melakukan pembayaran ke petugas)
- Petugas check list (petugas mengecek atau memeriksa data wisatawan yang sudah mendaftar dan melakukan pembayaran)
- Masuk ke Bus Wisata
- Perjalanan dalam kawasan (sesuai rute)
- Finish (GNI)
- Pulang
Spesifikasi Teknis Bus Wisata Bandar Grissee:
PERFORMA
Kecepatan Maksimum |
km/jam |
104,6 |
Daya Tanjak |
tan |
38,3 |
MODEL MESIN
Model |
- |
W04D-TN |
Model Tipe |
- |
4 Stroke Engine, Direct Injection, Turbo Intercooler |
Tenaga Maksimum |
PS/rpm |
130 / 2.500 |
Daya maksimum |
Kg.m/rpm |
37 / 1.800 |
Jumlah silinder |
- |
4 |
Diameter x Langkah Piston |
mm |
104 x 118 |
Isi Silinder |
cc |
4.009 |
KOPLING
Tipe |
- |
Single Dry Plate w/ Coil Spring; Hyd. |
Diameter Cakram |
mm |
300 |
TRANSMISI
Tipe |
- |
M550 |
Perbandingan gigi |
- |
- |
C |
- |
- |
Ke-1 |
- |
4,981 |
Ke-2 |
- |
2,911 |
Ke-3 |
- |
1,556 |
Ke-4 |
- |
1,000 |
Ke-5 |
- |
0,738 |
Ke-7 |
- |
- |
Ke-8 |
- |
- |
Mundur |
- |
4,625 |
KEMUDI
Tipe |
- |
integral power steering |
Minimal Radius Putar |
m |
6,5 |
SUMBU
Belakang |
- |
Full Floating type; single reduction; single speed by hydraulic gearings |
Depan |
- |
Reverse Elliot, I-Section Beam |
Perbandingan Gigi Akhir |
- |
6,167 |
Sistem Penggerak |
- |
Rear 4 x 2 |
REM
Rem Utama |
- |
vacuum servo hydraulic |
Rem Pelambat |
- |
with on Exhaust Pipe |
Rem Parkir |
- |
Internal expanding tipe on output t/m |
RODA & BAN
Ukuran Rim |
- |
16 x 6.00GS - 127 |
Ukuran Ban |
- |
7.50 - 16 - 14PR |
Jumlah Ban |
- |
6 (+1) |
SUSPENSI
Depan & Belakang |
- |
Rigid Axle with Semi Eliptic with Shock Absorber |
SISTIM LISTRIK ACCU
Accu |
- |
2 x 12V-65Ah |
DIMENSI
Jarak Sumbu Roda |
WB (mm) |
3.780 |
Total Panjang |
OL (mm) |
7.045 |
Total Lebar |
OW (mm) |
2.100 |
Total Tinggi |
OH (mm) |
1.770 |
Lebar Jejak Depan |
FR Tr (mm) |
1.655 |
Lebar Jejak Belakang |
RR Tr (mm) |
1.520 |
Julur Depan |
FOH (mm) |
1.110 |
Julur Belakang |
ROH (mm) |
2.155 |
TANGKI SOLAR
Kapasitas |
liter |
100 |
BERAT CHASSIS
Berat Kosong |
Kg |
2.300 |
Berat Total Kendaraan |
Kg |
8.000 |
sumber data : www.hino.co.id